9 Hal Yang Bisa Memperpanjang Umur 7 Tahun Lebih Lama



9 Hal Yang Bisa Memperpanjang Umur 7 Tahun Lebih Lama [ www.BlogApaAja.com ]

Setiap orang tentu menginginkan kehidupan yangsehat dan panjang umur. Peneliti dari Harvard University menyatakan bahwadengan menghilangkan faktor risiko penyakit, seseorang dapat hidup lebih lamahingga 7 tahun.

Seperti dikutip dari Canadian Living, lakukan9 hal ini agar tidak sakit-sakitan ketika tua dan Anda dapat memperpanjang usiahingga 7 tahun:

1. Turunkan berat badan yang berlebihan



Obesitas merupakan faktor risiko dari berbagaipenyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes yang sangat berbahayadan mematikan. Peneliti dari Harvard merekomendasikan untuk menjaga agar indeksmassa tubuh (BMI) tidak lebih dari 21.

2. Kontrol tekanan darah



Tekanan darah yang tinggi akibat pola makandan gaya hidup yang tidak sehat, dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atauhipertensi yang merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian lebih dini.

Kontrol tekanan darah dengan menghindarimakanan berlemak, mengurangi asupan garam, dan meningkatkan asupan fisik, sertaberkonsultasi dengan dokter tentang obat yang tepat untuk mengontrol tekanandarah yang tinggi.

3. Turunkan tingkat kolesterol dalam darah



Kolesterol yang tinggi dalam aliran darahdapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Turunkan tingkat kolesterol denganmengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti yangterkandung dalam daging merah.

4. Makan lebih banyak buah dan sayur



Buah-buahan dan sayuran dapat menurunkanrisiko kanker usus besar, penyakit jantung, dan berbagai gangguan kesehatanlainnya. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur untuk mendapatkan manfaatantioksidan dan vitamin yang baik untuk daya tahan tubuh.

5. Olahraga



Anda harus aktif secara fisik dengan caraberolahraga setidaknya 2 sampai 5 jam seminggu. Para ahli menyarankan untukmelakukan olahraga ringan seperti berjalan, berenang, atau bersepeda.

6.Berhenti merokok



Rokok jelas dapat memperpendek usia Andakarena nikotin dapat menyebabkan kanker paru-paru, penyakit jantung, kankermulut, dan berbagai penyakit serius lainnya. Berhentilah merokok sekarang jugauntuk mempertahankan usia hingga 7 tahun lebih lama.

7. Hindari minuman beralkohol



Konsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkanrisiko penyakit jantung dan kanker. Hindari minum minuman beralkohol untukmenghindari risiko penyakit yang mematikan.

8. Jangan memakai narkoba



Penggunaan obat-obatan terlarang secarasignifikan dapat meningkatkan risiko mati muda. Jika Anda mengalami stres atausakit tertentu, jangan menggunakan obat-obatan sembarangan tanpa berkonsultasidengan dokter terlebih dahulu.

9. Berhubungan seks dengan aman



Pastikan untuk menjaga keamanan ketikaberhubungan seks dengan tidak bergonta-ganti pasangan seks, menggunakan kondom,dan mendapatkan tes untuk penyakit menular seksual.


Follow On Twitter